Dual Rear Camera pada Smartphone, Apa Saja Kelebihannya?
POSTED WEDNESDAY , 3 MAY 2017

Dual Rear Camera pada Smartphone, Apa Saja Kelebihannya?

 

Sejak tahun lalu, teknologi dual kamera pada smartphone mulai naik daun. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa teknologi ini tidak menggandakan resolusi kamera suatu smartphone. Misalnya, smartphone Cool Dual dari Coolpad Indonesia memiliki resolusi dual kamera belakang sebesar 13 MP, tetapi bukan berarti resolusi fotonya jadi setara dengan 26 MP.

 

Teknologi dual kamera pada smartphone menggunakan dua frame dari dua lensa berbeda. Nantinya, dua lensa tersebut akan “bergabung” untuk menghasilkan satu foto atau video. Satu lensa berfungsi untuk mengambil gambar utama, sedangkan lensa yang lain digunakan untuk mengambil detail. Dengan begitu, hasil gambar yang diabadikan pun bisa terlihat lebih “hidup”. Tidak ketinggalan berbagai kelebihan lain yang penjelasannya bisa kamu simak di bawah ini.

 

Hasil Zoom Lebih Bagus

Mayoritas single rear camera pada smartphone menggunakan zoom digital yang dapat membuat foto mengalami penurunan resolusi ketika fungsi tersebut digunakan. Semakin banyak zoom-nya, semakin menurun resolusi megapiksel pada foto yang diambil sehingga gambarnya menjadi kurang jernih. Namun, hal ini tidak akan kamu temukan pada foto hasil jepretan dual kamera karena adanya lensa wide angle sebagai tambahan dari lensa “normal” pada smartphone. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk melakukan optical zoom seperti yang biasanya ada pada kamera DSLR. 

 

Kemampuan Memotret Saat Low Light

Karena memiliki dua lensa, maka sensor pada dual kamera pun juga bertambah menjadi dua. Berkat adanya dua sensor, dual kamera pun memiliki area dua kali lebih luas bagi sebuah smartphone untuk mengumpulkan informasi dan cahaya. Gambar yang ditangkap akan dianalisis dengan dua sensor tersebut untuk kemudian dikurangi tingkat noise-nya. Misalnya, fitur kamera dual pada Coolpad Cool Dual telah dilengkapi Sony BSI Sensor – Dual ISP yang memungkinkan cahaya masuk lebih banyak hingga 40% sekaligus mengurangi noise hingga 78%. Dengan begitu, kamu bisa mengambil gambar pada kondisi cahaya redup atau low light dan mendapatkan hasil yang lebih bagus dari jepretan single rear camera.

 

Depth of Field yang Tajam

Depth of Field (DoF) adalah rentang jarak yang dimiliki subjek foto untuk menghasilkan variasi ketajaman pada hasil foto. Meskipun single rear camera pada mayoritas smartphone masa kini bisa menghasilkan foto bagus, tetapi biasanya foto-foto tersebut tidak memiliki DoF sebagus kamera DSLR. Namun, berkat adanya dua lensa, dual kamera jadi mampu mengukur kedalaman informasi pada obyek foto sehingga hasilnya memiliki fokus yang tajam. Hal ini tidak terlepas dari aspek aperture yang memang cenderung lebih besar pada dual kamera. Selain DoF yang bagus, wide aperture juga cocok bagi kamu yang suka bermain bokeh.

 

Kehadiran teknologi dual kamera pada smartphone seperti Cool Dual buatan Coolpad Indonesia memungkinkan kamu untuk belajar menjadi seorang fotografer profesional. Kamu bisa mengeksplor banyak aspek untuk mengambil gambar yang hasilnya tentu lebih bagus dari single rear camera, termasuk menambahkan sentuhan klasik berupa monokrom melalui fitur Classic Black & White.