Jeli Memilih Ponsel Kamera Ganda
POSTED FRIDAY , 12 MAY 2017

Jeli Memilih Ponsel Kamera Ganda

 

Jakarta, 12 Mei 2017 – Foto yang eye-catching dengan ponsel kamera ganda membuat Anda lebih eksis di media sosial. Kesinambungan antara dua kamera menghasilkan kualitas foto yang dua kali lebih bagus, makin mendekati dengan kualitas foto kamera SLR. Berikut ini jenis smartphone kamera ganda yang ada dipasaran:

 

Wide angle

Bayangkan Anda sedang berwisata di daerah pegunungan, tentu Anda ingin menunjukkan kepada orang lain pemandangan yang indah dibelakang Anda. Namun dengan kamera normal yang ada pada smartphone tidak cukup luas untuk menangkap seluruh pemandangan itu. Smartphone dengan lensa wide-angle dapat menangkap sudut yang lebih luas sehingga pemandangan indah tersebut dapat dimuat lebih banyak dalam foto Anda.

 

Tele

Anda familiar dengan istilah foto makro? Foto makro adalah foto yang diambil dengan jarak yangs angat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi tanpa bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop. Misalnya foto embun pagi diatas penampang daun, atau foto serangga diatas batang pohon. Smartphone yang memiliki kemampuan tele seperti ini cocok untuk mengambil foto makro, memang tidak sebaik hasil dari kamera SLR, namun bicara soal simplicity smartphone dengan kamera ganda ini masih dapat diandalkan.

 

Bokeh

Istilah ini makin sering muncul karena dengan background yang kabur/blur terlihat lebih artistik. Untuk mengambil foto bokeh hendaknya mendekatkan jarak objek dengan kamera dan menjauhkan objek dengan background. Kondisi luar ruangan serta pengaturan aperture yang rendah juga mempengaruhi pengambilan foto bokeh. Smartphone dengan dua kamera belakang yang memiliki kemampuan bokeh ini sudah banyak dipasaran dengan harga yang kompetitif.

 

Monokrom

Anda yang baru belajar fotografi, direkomendasikan untuk sering bereksperimen dengan foto monokrom/hitam putih karena teknik dasar dalam fotografi adalah pencahayaan, kontras, dan komposisi dari objek foto, paling tepat bila memotret dengan teknik monokrom. Smartphone kamera ganda yang memiliki kemampuan menangkap gambar monokrom sangat cocok bagi Anda yang ingin mendalami seni fotografi, terutama fotografi ponsel. Smartphone kamera ganda ini memiliki dua lensa yang salah satunya mengatur tangkapan cahaya, detil serta depth sehingga foto lebih terlihat dramatis. Contoh foto monokrom yang bagus adalah foto close-up ekspresi seseorang, foto objek di museum yang menonjolkan pola, memainkan kontras dan pencahayaan samping.

 

Menghasilkan foto bokeh dan monokrom tidak harus menggunakan kamera canggih seperti kamera SLR, tapi Anda juga bisa bereksperimen dengan kamera smartphone. Saat ini banyak ditawarkan kamera ganda belakang pada smartphone. Coolpad Cool Dual, dengan fitur kamera ganda belakang beresolusi 13MP + 13MP memiliki dua lensa yang bekerja secara berkesinambungan. Lensa warna (RGB) membantu menangkap warna sementara lensa monokromnya untuk menghasilkan detil yang lebih sempurna. Dilengkapi dengan fitur SLR dan classic mono, memudahkan Anda memotret foto bokeh dan monokrom.