Definisi, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Desmoid Fibroma

Seperti yang diketahui bahwa tumor merupakan salah satu jenis penyakit ganas yang banyak memakan korban jiwa di dunia. Penyakit tumor ini banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah Desmoid Fibroma. Dimana, Desmod Fibroma ini merupakan jenis tumor yang sangat langka di jaringan ikat. Tumor ini berkembang mulai dari struktur otot, fasia, tendon, hingga aponeurosis. Selain itu, tumor ini juga merupakan varian menengah antara neoplasma jinak serta ganas. Fibrosma ini memberikan metastasis, namun memiliki kecenderungan pertumbuhan yang agresif dan sering kambuh. Desmoid fibroma ini cenderung berkembang ke jaringan di sekitarnya, namun metastis tidak menonjol. Tumor ini mungkin muncul pada bagian tubuh mana saja, namun biasanya sering terjadi di dinding punggung atau bahu, dan dinding perut bagian depan. 

Penyebab Desmoid Fibroma

Dalam hal ini, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan penyebab terjadinya desmoid fibroma, diantaranya :

  • Hiperestrogenisme.
  • Predisposisi
  • Cedera jaringan lunak
  • Serat otot patah saat proses persalinan

Gejala Desmoid Fibroma

  • Tumor ini merupakan tumor seluler yang padat yang terletak di bawah kulit dan secara bertahap akan terus meningkat. 
  • Secara bertahap akan tumbuh dan menjadi tidak bergerak
  • Apabila tumor ini berada di esktremitas bawah, maka kaki akan membengkak. Hal ini terjadi saat tumor tumbuh melalui fasia vena atau menyatu dengan dinding pembuluh darah. 
  • Adanya temuan intraabdominal, akibatnya akan ada kerusakan organ internal yang berada di dekatnya. Selain itu, tumor ini bisa tumbuh dari mesenterium. Jika tumor memiliki ukuran besar, sehingga bisa menyebabkan perpindahan atau pemerasan pada usus. 
  • Pada wanita, biasanya tumor ini akan tumbuh di dekat kelenjar susu, sehingga hal ini menyebabkan bentuk payudara serta putingnya berubah. 

Cara Mengobati Desmoid Fibroma

Untuk mengobari desmoid fibroma ini, dianjurkan untuk melakukan pengobatan komprehensif fibroma desmoid jaringan lunak, yang meliputi terapi radiasi dan pembedahan. Bukan hanya itu, anda juga bisa melakukan pengobatan kimia dan hormonal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *