Panduan Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula, Mudah dan Menyenangkan

Belajar Bahasa Inggris untuk Dewasa level Pemula - EF Indonesia

Panduan belajar Bahasa Inggris untuk pemula amat penting saat ini. Hal ini dikarenakan Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan di negara maju. Nah, bagi Anda yang tengah mencari panduan belajar Bahasa Inggris untuk pemula, simak artikel berikut ini.

  1. Mulailah dari Materi yang Paling Dasar

Panduan belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang pertama adalah memulai dari materi dasar. Anda bisa mulai mempelajari alphabet, vocabulary, bahkan membaca dongeng anak dalam Bahasa Inggris. Hal basic ini amat penting bagi pemula. Jangan pernah merasa malu mempelajarinya dari dasar.

Anda dapat mempelajari tenses mulai dari Simple Present Tense. Selain itu, mengenal alphabet dapat amat membantu meningkatkan keterampilan dalam berbicara. Kosakata yang diperoleh dari mendengar maupun membaca cerita anak akan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan Anda. Perlu Anda ingat, level beginner bukanlah hal yang memalukan. Para ahli pun mulanya dari level pemula.

  1. Jangan Hanya Menghafalkan Vocabulary

Sebagai pemula, cara mempelajari bahasa Inggris dengan menghafal vocabulary tidak dianjurkan. Mengapa? Karena yang Anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari adalah berkomunikasi menggunakan kalimat, bukan kosakata.

Jika tujuan Anda ingin mahir berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, belajar dengan cara menghafal kosakata bukan teknik yang efektif. Teknik yang tepat, gunakan kosakata-kosakata yang telah Anda pelajari. Kemudian cobalah membuat kalimat sederhana. Terus berlatihlah mengucapkan kalimat tersebut secara berulang-ulang.

  1. Memahami Grammar

Salah satu cara utama mempelajari bahasa Inggris adalah dengan memahami tentang grammar. Grammar atau disebut tata bahasa mempunyai fungsi yang sama seperti dalam bahasa Indonesia.

Oleh sebab itu, Anda jangan membenci grammar. Karena dengan Anda menguasai grammar, akan memberi penguasaan tata bahasa mengenai cara berkomunikasi yang efektif.

  1. Berlatih Mendengarkan

Cara selanjutnya adalah dengan listening atau mendengarkan. Anda dapat menonton film Hollywood maupun film British. Jika Anda suka menonton film Jepang, Korea atau Thailand, Anda bisa menggunakan subtitle berbahasa Inggris.

Selain film, Anda juga dapat berlatih menggunakan lagu. Cukup dengarkan sekaligus pahami lirik lagu tersebut. Kemudian Anda bisa dengarkan ulang beberapa kali. Setelah itu cobalah tulis lirik lagunya, dan cocokkan dengan lirik aslinya di internet.

  1. Banyak Membaca

Teknik belajar bahasa Inggris berikutnya adalah dengan membaca. Anda bisa membaca buku cerita bergambar sehingga akan lebih mudah mengingat kosakata di dalamnya. Metode belajar bahasa Inggris ini bisa meningkatkan keterampilan membaca dengan lebih cepat.

Jika membaca cerita bergambar dirasa kurang menantang, cobalah membaca cerita pendek. Dengan berlatih membaca, Anda bisa sekaligus memperhatikan susunan kata serta tata bahasa yang dipakai. Lakukan latihan membaca buku berbahasa Inggris ini dengan konsisten. Paling tidak, cobalah untuk konsentrasi dalam belajar selama 30 menit setiap harinya.

  1. Coba Menulis

Anda bisa coba menulis hal-hal yang amat mudah. Misalnya, tentang pengalaman menyenangkan atau menyedihkan yang Anda alami hari ini. Bisa juga mencoba menuliskan aktivitas sehari-hari.

Sebagai pemula, Anda jangan terlalu memusingkan grammar. Coba tulis saja kata yang ada di kepala Anda. Setelah itu baru koreksi grammar beserta ejaan yang tepat. Hal yang terpenting, cobalah tulis apapun menggunakan kosakata yang telah Anda pelajari. Cukup menulis satu paragraf setiap hari. Jangan lupa, Anda perlu melakukan latihan ini secara rutin, ya

  1. Sering Praktik Berbicara

Metode belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah speaking atau berbicara. Dengan berlatih berbicara, Anda secara tidak langsung dituntut untuk berpikir juga. Metode tersebut akan membuat otak terbiasa mengolah informasi dalam bahasa baru. Ketika Anda berbicara, otak akan memberikan respon lebih cepat tanpa harus menerjemahkan dahulu.

Nah, itu tadi 7 panduan belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Mudah dan menyenangkan untuk dicoba, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *