Suka Nonton Upin Ipin? Ini Fakta Uniknya

Alasan Saya Nggak Pernah Bosan sama Upin Ipin – Terminal Mojok

Upin Ipin adalah serial animasi tentang anak kembar yang lucu yang hampir semua anak Indonesia tidak asing melihatnya. Serial ini adalah kartun yang diproduksi di Malaysia. Upin Ipin sering ditayangkan di televisi. Selain di Indonesia, penayangannya juga dilakukan d beberapa negara lain seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Brunei Darsussalam, Singapura, Korea Selatan, Kamboja, Hong Kong, dan bahkan Turki.

Serial animasi Upin Ipin sendiri rilis pada 14 September 2007 lalu di Malaysia. Dari awal tayang saja, serial animasi ini sudah mencuri perhatian penontonnya. Salah satu faktornya adalah karena tokoh Upin dan Ipin adalah anak cerdas, ceria, dan menggemaskan. Tidak hanya itu,  serial animasi Upin dan Ipin juga banyak disukai anak-anak dan keluarga pada umumnya karena animasi ini bisa memberikan pesan moral dan nilai-nilai edukatif. Karena hal inilah Upin Ipin menjadi tayangan yang cocok untuk anak-anak dan sangat mendidik. Hampir di semua episodenya menjadi tayangan yang menarik yang laris di pasaran. Namun setelah sekian lama dan sekian banyak episode yang tayang, ada beberapa pertanyaan yang bikin penasaran, contohnya kenapa Upin dan Ipin memiliki kepala botak?

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, simak beberapa fakta unik Upin dan Ipin di bawah ini.  

  • Upin & Ipin kenapa memiliki kepala botak?

Mengenai hal ini, tidak sedikit penonton yang dibikin penasaran karena penampilan si kembar Upin dan Ipin ini memiliki kepala yang botak. Meskipun kembar, keduanya tidak sulit untuk dibedakan. Mereka memakai baju yang berbeda serta penampilan kepala yang berbeda. Meskipun sama-sama botak, Upin memiliki satu rambut yang tumbuh melengkung, sedangkan Ipin tidak. Untuk bajunya, mereka berdua dibedakan dengan tulisan di baju, dimana U untuk Upin dan I untuk Ipin. Jika mereka berdua menggunakan seragam sekolah Taman Kanak-kanak, mereka memang sulit dibedakan, namun ingat saja bahwa jika memiliki rambut yang melengkung, maka itu Upin. Beberapa sumber mengatakan bahwa sebenarnya ada alasan kenapa si kembar ini tidak memiliki rambut. Alasannya ternyata cukup unik, yaitu dengan tujuan mengurangi biaya produksi dalam 3D, pihak produksi kemudian membuat gaya rambut Upin Ipin dengan kepala botak dan tidak menggambarkan rambut pada karakter si kembar ini supaya bisa menekan anggaran. Dan inilah alasan kenapa hingga saat ini Upin dan Ipin kepalanya botak.

  • Siapa nama asli Opah?

Opah adalah sebutan dari Upin dan Ipin untuk neneknya. Sosok Opah sendiri sangat misterius karena tidak ada yang mengetahui sebenarnya siapa namanya asli Opah. Namun misteri ini mulai terjawab dari episode 8 yang berjudul “Upin & Ipin kesayanganku bahagian 2 dan 3”. Di episode ini, diceritakan isi dari kamar rahasia yang dimiliki Opah, dimana Upin dan Ipin menemukan sebuah buku. Buku tersebut berisi cerita tentang kenakalan Kak Ros ketika masih kecil yang ditulis oleh kedua orangtuanya. Kemudian mereka juga membaca cerita tentang masa muda Opah yang suka dipanggil dengan sebutan Cik Siti. Opah juga mempunyai suami yang bernama Abang Ghani. Episode ini akhirnya mengungkapkan kalau nama asli Opah adalah Siti dan nama suaminya adalah Ghani.

  • Siapa nama asli Atok?

Selain Opah, ada juga sosok karakter lain di serial Upin Ipin yang cukup menarik perhatian. Sosok tersebut adalah Atok, yang merupakan tetangga yang baik dan dikenal sebagai kakek yang senang membantu keluarga Upin & Ipin. Nama asli Atok sendiri adalah Isnin bin Khamis

Setelah mengetahui fakta yang menarik tentang Upin dan Ipin di atas, kamu bisa kembali menonton episode-episode awal serial animasi ini dan episode lainnya di lainnya di RCTI+.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *